1.Pengantar
Al-hamdulillah segala puji syukur
kita haturkan kepada Allah atas limpahan ni’mat
dan karunia yang telah Ia berikan kepada kita,semoga shalawat serta
salam tercurah atas nabi besar Muhammad saw beserta para shahabat,keluarga dan
pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
ANAK
adalah anugerah tak terkira dari yang Mahakuasa.Di balik keceriaan
wajahnya kita titipkan tumpuan harapan
nan menjulang,di samping pembinaan ibadah dan agama yang kita tanamkan sejak
kecil yang telah Islam wajibkan kepada kita,di sana ada sebuah tugas yang tak
kalah pentingnya,bahkan ia menjadi salah satu PR kita,untuk masa dapan anak
sendiri dan umat tentunya.Apakah itu? Ia adalah PEMBINAAN INTELEKTUAL.
Sebenarnya
tak ada satu agamapun di dunia ini yang mendorong pemeluknya untuk memberikan pengajaran
kepada anak seperti agama islam yang mulia ini,sebagai bukti berapakah banyak
ayat yang memerintahkan untuk belajar,memuji orang yang berilmu dan memberikan
keutamaan kepadanya.
Mengingat
betapa banyak orang tua pada zaman sekarang
ini yang mengabaikan aset terbesar anak
berupa rasio atau otak yang menjadi penentu masa depannya atau bahkan
masa depan umat ini.Benar, karena anak tak kan bisa menyonsong masa depan yang
cemerlang kecuali dengan kecerdasan intelektualnya yang memadahi,begitu juga
hal itulah yang menentukan bagi kejayaan agama islam ini karena segala amaliyah
islam tak bisa terlepas dari kemampuan otak yang cerdas terlebih pada era
modern ini. Dan karena sebuah penelitian
yang konkrit bahwa masa keemasan dalam
tahap perangsangan dan pembelajaran adalah dalam masa kanak-kanak, maka
seharusnya bagi para murabbi memulai target melalui pembinaan keilmuan ini
sedini mungkin .
Untuk
lebih jelasnya kami akan membahas intelektual anak lebih kepada melejitkan
potensi otak berikut diantara sarana yang bisa menunjangnya.
2. Pengertian
Intelektual / Intelegensi
Menurut English & English dalam bukunya " A Comprehensive Dictionary of Psichological and Psychoalitical Terms" , istilah intellecct berarti antara lain:
1.Kekuataan mental
dimana manusia dapat berpikir ; 2. Suatu rumpun nama untuk proses
kognitif, terutama untuk aktivitas yang berkenaan
dengan berpikir ( misalnya menghubungkan, menimbang, dan memahami); dan 3. Kecakapan, terutama kecakapan yang tinggi
untuk berpikir; (bandingkan dengan intelligence. Intelligence =intellect).
Menurut kamus
WebssterNew Worid Dictionary of the American Language, istilah intellect berarti:
1) Kecakapan untuk berpikir, mengamati atau mengerti; kecakapan untuk mengamati hubungan-hubungan, dan sebagainya. Dengan demikian kecakapan berbeda dari kemauandan perasaan,
2) Kecakapan mental yang besar,sangat intellegence, dan
3) Pikiran atau inteligensi.
Jadi istilah inteligensi menurut para ahli diantaranya menurut Wechler (1958) mermuskaan intelligensi sebagai "keseluruhan ke-mampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Intelegensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendiskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual. Dalam mengartikan intelegensi (kecerdasan) ini, para ahli mempunyai pengertian yang beragam.
1) Kecakapan untuk berpikir, mengamati atau mengerti; kecakapan untuk mengamati hubungan-hubungan, dan sebagainya. Dengan demikian kecakapan berbeda dari kemauandan perasaan,
2) Kecakapan mental yang besar,sangat intellegence, dan
3) Pikiran atau inteligensi.
Jadi istilah inteligensi menurut para ahli diantaranya menurut Wechler (1958) mermuskaan intelligensi sebagai "keseluruhan ke-mampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Intelegensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendiskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual. Dalam mengartikan intelegensi (kecerdasan) ini, para ahli mempunyai pengertian yang beragam.
3.Judul
Pembahasan
MELEJITKAN
POTENSI OTAK BERIKUT SARANANYA
Ø Mempercepat proses perkembangan otak anak
Menunggu waktu,itu budaya
lama.Kini semua bisa diparcepat asal tidak kelewatan saja. Di dalam Al-Qur’an
Allah telah menyatakan dengan firman-Nya,
“Allah telah
mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun.Dia memberi kamu pendengaran,penglihatan
danhati agar kamu bersyukur” (An-Nahl:78)
Berangkat dari ayat ini,tidak dapat
dinafikan bahwa semua bayi lahir dalam keadaan bodoh tidak mengetahui
apa-apa,tapi tidak hanya berhenti di situ Allah memberikan bayi itu bekal
pendengaran,penglihatan dan hati yang
dengan itu bisa menjadi modal utama untuk belajar dan merangsang otak,dan mustahil jika ransangan otak dilakukan anak
itu sendiri melainkan pembinaan itu berada di bawah kekuasaan masing-masing
ibu.
Ketika kita melihat zaman sekarang yang
tak surut akan berbagai penemuan dan kemajuan
hal ini bisa terlihat pada perkembangan jabang bayi hingga dewasa,atau bahkan faktor umur yang
makin bisa dipersingkat menjadi tahu
akan banyak hal,Pola ini tetap sama pada bayi sejak zaman purbakala hingga
sekarang,hanya waktunya yang menjadi lebih pendek hingga tampaknya bayi
sekarang makin pandai.
Ø Sarana-sarananya:
Diantaranya
adalah:
1.membaca al
qur’an
Menurut hasil penelitian ternyata membaca
Al-Qur’an sehabis maghrib dan sesudah subuh itu dapat meningkatkan kecerdasan
otak sampai 80% , karena di sana ada pergantian dari siang ke malam dan dari
malam ke siang hari di samping itu ada tiga aktifitas sekaligus ,yaitu membaca
, melihat dan mendengar.
2. Seringlah
membawa anak ke alam
Hal ini dilakukan untuk merangsang panca inderanya
seperti melihat awan, meraskan desiran angin, pepohonan, rerumputan, dan
bunga-bunga, bermain di sungai.
3. Hendaknya
anak bermain dengan benda-benda alamiah dan makhluk hidup seperti (pasir,
tanah, lumpur, air, kayu, batu, kerikil, tumbuhan, hewan kecil yang tak berbahaya).
4. Tanggapi
pertanyaan anak dan usahakan ia menemukan jawaban sendiri
Terutama melalui melakukan eksperimen
dengan balon, pelepah pisang, lidi, menanam kacang hijau jadi toge, bermain
memecahkan masalah seperti ular tangga, monopoli, dan lebih afdol bermain
catur. Anak usia 4 tahun rata-rata mengajukan 480 pertanyaan per hari.
5.Curahkan
perhatian dan kasih sayang kepada anak
Hal ini dilakukan sambil mengajak ia
bernyanyi, bermain musik, menari, senam, membuat origami, mendengarkan musik
klasik barat dan daerah, dan ajak bercerita lucu, tertawa dan tersenyum. Ini
semua akan mengaktifkan otak anak, yang kini orang beri nama aktivasi otak
tengah.
Ø Peran Orang Tua Sebagai Guru Pertama Kali
Sebagai orang tua,apa yang
dapat anda lakukan untuk memberi kesempatan agar kecerdasan anak berkembang sebaik-baiknya?
Anda,sebagai orang tua,adalah
guru yang pertama dan paling penting bagi anak.Anda mempunyai kesempatan paling
besar untuk mempengaruhi kecerdasan pada saat ia sangat peka dengan pengaruh
luar.Anda pula yang paling mengenal kapan dan cara bagaimana ia belajar dengan
sebaik-baiknya.Berikut hal-hal yang
mungkin bisa jadi pertimbangan dalam memberi pengajaran pada anak:
·
Semua anak memiliki
kecenderungan apa yang ingin
dipelajari.jika orang tua mengetahui hal ini maka ia akan bisa mendorongnya kearah
yang benar.
·
Semua anak melewati tahap yang sama
pada umur yang hampir sama,dalam hal ini perlu ada pengawasan hati-hati dan
cari tahu untuk menemukan kegiatan apa
yang paling cocok ,jangan paksakan pada kegiatan yang tidak menarik dan
tidak membuat hatinya senang.
·
Semakin muda anak,dia akan cenderung
menggunakan gerakan untuk demikian orang tua harus berhati-hati bila ingin
memberi pelajaran,karena informasi apapun yang diterima akan disimpan tanpa
dicerna terlebih dahulu,apakah itu baik atau buruk dan informasi yang tersimpan
ini suatu waktu akan muncul seiring dengan perkembangan kecerdasannya.
Dr Eddy
memberikan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak:
·
Beri perawatan dan kasih sayang
yang adekuat selama masa kehamilan.
·
Beri nutrisi yang cukup. Enam bulan
pertama kehidupan bayi, berikan kecukupan nutrisi dengan ASI.
·
Berikan lingkungan yang aman dan
nyaman bagi anak.
·
Berbicaralah kepada bayi,buat
kontak mata saat berbicara dengan anak. Jangan lupa selalu tersenyum kepada
anak.
·
Bila harus menitipkan anak, carilah
tempat penitipan yang bermutu tinggi.
·
Kenalkan aneka ragam musik pada anak,
dan bernyanyilah bersama.
·
Beri interaksi yang nyata dengan
anak demi perkembangan otaknya. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu
lama. Batasi waktunya.
·
Beri ruang bagi anak untuk dapat
berinteraksi dengan teman sebaya.
·
Redakan stres pada orangtua.
Orangtua yang mengalami stres cenderung mengalihkan stres kepada anaknya. Bila
Anda merasa stres, cobalah bercerita kepada orang yang dekat dengan Anda.
·
Ingat, otak tidak akan pernah
berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara
terus-menerus.iterima akan disimpan tanpa dicerna terlebih dahulu,apakah itu
baik atau buruk dan informasi yang tersiman ini suatu waktu akan muncul seiring
dengan perkembangan kecerdasannya.
Perkembangan
otak anak adalah hal yang terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang
tua. Karena dengan pemberian simulus yang baik kepada anak maka dapat mengasah
kemampuan otak si anak.Dan benar sekali dengan beberapa kiat yang di jabarkan
seperti linkungan, musik, dll hal tersebut dapat memberikan kemajuan
perkembangan otak si anak. Kita harus dapat menjaga dan mengarahkan dengan
benar anak-anak usia balita, karena masa-masa perkembangan itu sangat riskan.
Pengarahan yang baik akan mencerdaskan otak bayi itu sendiri. kecerdasan anak
sudah mulai dapat di pupuk sejak dalam kandungan seorang ibu. Karena nutrisi yang
di dapatkan tersebut akan sangat berpengaruh kepada perkembangan otak si anak.
Perkembangan otak si anak berkembang sampai anak berusia 3 tahun;dalam
mengembangkan otak anak dipengaruhi dengan adanya lingkungan yang aman dan dari
orang tua itu sendiri. karena perkembangan seorang anak terutama lebih di
dominasi oleh keluarga dan lingkungan, yang akan memberi dampak pada
perkembangan anak itu sendiri.
Jadi di sini orang tua sangat berperan
penting dalam membantu anak berkembang dengan sehat; kecerdasan anak sudah
dapat dipupuk sejak dini, terutama pada masa kehamilan seorang ibu.
Semua orang tua
menginginkan buah hati mereka tumbuh sehat dan cerdas. kiat-kiat di atas sangat
bermanfaat sekali bagi orang tua dalam mengembangkan otak anak.Dari masih dalam
kandungan pun orang tua sudah menstimulasi anak dengan musik, menyanyikan
senandung Al-Quran, dll. perkembangan anak, dari lahir, bayi, balita, hingga
dewasa nanti, semua ditentukan oleh bagaimana orang tua mendidik anaknya dari
kecil. nutrisi yang baik, perhatian dan kasih sayang orang tua sangat
dibutuhkan untuk kemajuan otak amupun psikis anak.
Ragam Kecerdasan
Salah jika menganggap anak bodoh dan
tak mampu.Ia pasti memiliki kelebihan dalam bidang tertentu yang belum
diketahui orang tua.
Adapun kecerdasan memiliki banyak
ragam,diantaranya:
·
Kecakapan Verbal
Yaitu pandai
mengomunikasikan segala sesuatu,sementara mereka yang mampu membina kecakapan
verbalnya akan mudah berkomunikasi dalam beragam bahasa,mudah menyampaikan
gagasan-gagasannya dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh banyak orang,dan memiliki kemampuan
besar untuk serius dalam bidang sastra.Seorang professor sekalipun jika tidak memiliki
kecakapan ini akan mengalami kesulitan untuk mentransfer ilmunya pada orang
lain.
·
Matematika Logika
Kecerdasan ini
berada dalam wilayah lagika rasional ,kecerdasan ini tidak hanya berlaku dalam
bidang perhitungan dan ilmu pasti saja,tetapi juga dalam seluruh sisi kehidipan
manusia.
dalam sastra,budaya,dan sosial sekalipun,kecerdasan logika itu tetap dibutuhkan yang lebih banyak menyangkut logika hukum sebab dan akibatnya.Itu sebabnya anak-anak harus selalu diajarkan perihal sebab akibat ini,dalam mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka.
dalam sastra,budaya,dan sosial sekalipun,kecerdasan logika itu tetap dibutuhkan yang lebih banyak menyangkut logika hukum sebab dan akibatnya.Itu sebabnya anak-anak harus selalu diajarkan perihal sebab akibat ini,dalam mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka.
·
Pemahaman Ruang
Kecerdasan ini
sangat berarti bagi para arsitek dan seniman.Anak yang memiliki kelebihan
kecerdasan ini baik jika diarahkan untuk
spesifikasi bidang seni.Pemahaman akan warna,komposisi ruang dan keseimbangan
bentuktermasuk keahlian di bidang ini.
·
Kinestetik
Yaitu memiliki
kejeniusan dalam bidang kinestetik yakni memiliki bakat dalam bidang olah tubuh
dan keseimbangan,maka dengan mengembangkan kecerdasan kinestetiknya akan sangat
membantu pengembangan bakatnya selanjutnya.Termasuk anak yang tak bisa diam
ketika belajar atau yang memiliki energi berlebih sehingga cenderung suka
mengganggu teman ,lain bagaimana jika disalurkan bakat kinestetiknya ke
bidang-bidang olah raga sehingga lebih terbina di tempat yang tepat,selain olah
raga motorik kasar,motorik halus pun termasuk kecerdasan ini,keterampilan tangan
&keahlian gerakan dalam menari misalnya.
·
Musik
Irama dan
musik adalah kebutuhan fitrah manusia,sehingga seprimitif apapun manusia,mereka
harus mengembangkan kecerdasan musik ini,sedangkan tajwid bacaan Al-Qur’an pun
mengandung irama dan nada yang indah.
·
Kecakapan Antar Pribadi
Kecakapan ini
sangat bmembantu seseorang untuk berkomunikasi & menjalin hubungan serta
kepercayan dengan orang lain.
Karena setiap
orang memerlukan berhubungan dengan orang lain,maka kecerdasan ini memiliki
peran sangat besar dalam menentukan kesuksesan seseorang
Mereka yang
jenius di bidang in akan menjadi pemimpin yang disukai oleh bawahannya,ia bisa
menjalin hubungan yang tepat baik kepada teman,sahabat,maupun musuh sekalipun.
Supaya anak
memiliki kecerdasan antar pribadi yang baik mereka harus dibimbing untuk bisa
menjalin sosialisasi berkawan yang sehat,ditumbuhkan empatinya terhadap
perasaan teman lain,diajarkan bagaimana memanfaatkan emosi positifnya.
·
Kemampuan Interpersonal
Merupakan
jenis kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan pengendalian diri
seseorang.Dengan kecerdasan ini seorang dapat mengenali kekurangan &
kelebihan diri dengan sangat baik ,kemudian mengembangkan diri dan melejitkan
potensi diri tanpa harus mengandalkan
motifasi dari luar diri.
·
Natural Alam
Kecerdasan ini
berkaitan dengan kepekaan terhadap segala macam benda-benda alam,kepekaan menilai keindahan keharmonisan & nilai
–nilai seni dari segala sesuatu yang bernuansa alam.
Kecerdasan ini
bukan semata bisa dimiliki oleh mereka yang tinggal di daerah yang masih dekat
dengan alam.Justru bagi mereka yang tinggal di perkotaan memerlukan lebih
banyak kecerdasan alam ini supaya dapat memberikan sentuhan nuansa alam yang
mampu mengimbangi ‘kekerasan’nuansa perkotaan.
Kecerdasan adalah
kemampuan untuk mengetahui hubungan antara beberapa benda, kemampuan untuk
menciptakan atau memperbaharui, kemampuan untuk belajar, berfikir, memahami,
menguasai, berkhayal, mengingat dan merasa, kemampuan untuk memecahkan masalah,
mengerjakan tugas dengan berbagai tingkat kesulitan.
Kecerdasan adalah
bakat yang didapat dari keturunan, tapi lingkungan dan kondisi sekelilingnya
juga memepengaruhi peningkatan presentasi kecerdasan seseorang melalaui
pengalaman, pengetahuan yang didapat serta pembelajaran.
Kecerdasan
seseorang berkembang seiring dengan umur, tapi pada usia 20 tahun kecerdasan
akan berhenti.
Maka oleh karena
itu kita harus mempersiapkan diri kita dengan memperbanyak bekal pengetahuan
seputar pendidikan anak untuk selanjutnya kita terapkan pada anak cucu kita
kelak supaya mereka bias menyongsong masa depan mereka dengan cerah.Wallahu
A’lam bis shawab
Demikian makalah singkat dan sederhana ini semoga bisa memberi manfaat untuk kita semuanya.Amin
Yaa Mujibus Sailin
Referensi:
-
Seni Mendidik Anak, syaikh Muhammad
Said Mursi
-
Mendidik Anak Dengan Cinta, Irawati
Istadi
-
Mendidik Anak Bersama Nabi,
Muhammad Suwaid
trima kasih umi hawary !!!! ^_^
BalasHapus