Kamis, 12 April 2012

PEMBINAAN INTELEKTUAL

 

1.Pengantar

        Al-hamdulillah segala puji syukur kita haturkan kepada Allah atas limpahan ni’mat  dan karunia yang telah Ia berikan kepada kita,semoga shalawat serta salam tercurah atas nabi besar Muhammad saw beserta para shahabat,keluarga dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
        ANAK adalah anugerah tak terkira dari yang Mahakuasa.Di balik keceriaan wajahnya  kita titipkan tumpuan harapan nan menjulang,di samping pembinaan ibadah dan agama yang kita tanamkan sejak kecil yang telah Islam wajibkan kepada kita,di sana ada sebuah tugas yang tak kalah pentingnya,bahkan ia menjadi salah satu PR kita,untuk masa dapan anak sendiri dan umat tentunya.Apakah itu? Ia adalah PEMBINAAN INTELEKTUAL.
       Sebenarnya tak ada satu agamapun di dunia ini yang mendorong pemeluknya untuk memberikan pengajaran kepada anak seperti agama islam yang mulia ini,sebagai bukti berapakah banyak ayat yang memerintahkan untuk belajar,memuji orang yang berilmu dan memberikan keutamaan  kepadanya.
       Mengingat betapa banyak orang tua pada zaman sekarang  ini yang mengabaikan aset terbesar anak  berupa rasio atau otak yang menjadi penentu masa depannya atau bahkan masa depan umat ini.Benar, karena anak tak kan bisa menyonsong masa depan yang cemerlang kecuali dengan kecerdasan intelektualnya yang memadahi,begitu juga hal itulah yang menentukan bagi kejayaan agama islam ini karena segala amaliyah islam tak bisa terlepas dari kemampuan otak yang cerdas terlebih pada era modern ini. Dan karena  sebuah penelitian yang  konkrit bahwa masa keemasan dalam tahap perangsangan dan pembelajaran adalah dalam masa kanak-kanak, maka seharusnya bagi para murabbi memulai target melalui pembinaan keilmuan ini sedini mungkin .
      Untuk lebih jelasnya kami akan membahas intelektual anak  lebih kepada  melejitkan  potensi otak berikut diantara sarana yang bisa menunjangnya.

2. Pengertian Intelektual / Intelegensi

     Menurut English & English dalam bukunya " A Comprehensive Dictionary of Psichological and Psychoalitical Terms" , istilah intellecct berarti antara lain:
1.Kekuataan mental dimana manusia dapat berpikir ;                                                                                                        2. Suatu rumpun nama untuk proses kognitif, terutama untuk aktivitas yang  berkenaan dengan berpikir ( misalnya menghubungkan, menimbang, dan memahami); dan                                                                                                           3. Kecakapan, terutama kecakapan yang tinggi untuk berpikir; (bandingkan dengan intelligence. Intelligence =intellect).
Menurut kamus WebssterNew Worid Dictionary of the American Language, istilah   intellect berarti:
1) Kecakapan untuk berpikir, mengamati atau mengerti; kecakapan untuk mengamati hubungan-hubungan, dan sebagainya. Dengan demikian kecakapan berbeda dari kemauandan perasaan,
2) Kecakapan mental yang besar,sangat intellegence, dan
3) Pikiran atau inteligensi.
     Jadi istilah inteligensi menurut para ahli diantaranya menurut Wechler (1958) mermuskaan intelligensi sebagai "keseluruhan ke-mampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Intelegensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendiskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual. Dalam mengartikan intelegensi (kecerdasan) ini, para ahli mempunyai pengertian yang beragam.

3.Judul Pembahasan

MELEJITKAN POTENSI OTAK BERIKUT  SARANANYA
Ø  Mempercepat proses perkembangan otak anak
                 Menunggu waktu,itu budaya lama.Kini semua bisa diparcepat asal tidak kelewatan saja. Di dalam Al-Qur’an Allah telah menyatakan dengan firman-Nya,
“Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui  sesuatupun.Dia memberi kamu pendengaran,penglihatan danhati agar kamu bersyukur”  (An-Nahl:78)
       Berangkat dari ayat ini,tidak dapat dinafikan bahwa semua bayi lahir dalam keadaan bodoh tidak mengetahui apa-apa,tapi tidak hanya berhenti di situ Allah memberikan bayi itu bekal pendengaran,penglihatan dan hati  yang dengan itu bisa menjadi modal utama untuk belajar dan merangsang otak,dan  mustahil jika ransangan otak dilakukan anak itu sendiri melainkan pembinaan itu berada di bawah kekuasaan masing-masing ibu.
       Ketika kita melihat zaman sekarang yang tak surut akan berbagai penemuan dan kemajuan  hal ini bisa terlihat pada perkembangan jabang bayi  hingga dewasa,atau bahkan faktor umur yang makin bisa dipersingkat  menjadi tahu akan banyak hal,Pola ini tetap sama pada bayi sejak zaman purbakala hingga sekarang,hanya waktunya yang menjadi lebih pendek hingga tampaknya bayi sekarang  makin pandai.
Ø  Sarana-sarananya:
Diantaranya adalah:
1.membaca al qur’an
      Menurut hasil penelitian ternyata membaca Al-Qur’an sehabis maghrib dan sesudah subuh itu dapat meningkatkan kecerdasan otak sampai 80% , karena di sana ada pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari di samping itu ada tiga aktifitas sekaligus ,yaitu membaca , melihat dan mendengar.
2. Seringlah membawa anak ke alam
      Hal ini dilakukan untuk merangsang panca inderanya seperti melihat awan, meraskan desiran angin, pepohonan, rerumputan, dan bunga-bunga, bermain di sungai.
3. Hendaknya anak bermain dengan benda-benda alamiah dan makhluk hidup seperti (pasir, tanah, lumpur, air, kayu, batu, kerikil, tumbuhan, hewan kecil yang tak berbahaya).
4. Tanggapi pertanyaan anak dan usahakan ia menemukan jawaban sendiri
      Terutama melalui melakukan eksperimen dengan balon, pelepah pisang, lidi, menanam kacang hijau jadi toge, bermain memecahkan masalah seperti ular tangga, monopoli, dan lebih afdol bermain catur. Anak usia 4 tahun rata-rata mengajukan 480 pertanyaan per hari.
5.Curahkan perhatian dan kasih sayang kepada anak
       Hal ini dilakukan sambil mengajak ia bernyanyi, bermain musik, menari, senam, membuat origami, mendengarkan musik klasik barat dan daerah, dan ajak bercerita lucu, tertawa dan tersenyum. Ini semua akan mengaktifkan otak anak, yang kini orang beri nama aktivasi otak tengah.
Ø  Peran Orang Tua Sebagai Guru Pertama Kali
                 Sebagai orang tua,apa yang dapat anda lakukan untuk memberi kesempatan agar  kecerdasan anak berkembang sebaik-baiknya?
                 Anda,sebagai orang tua,adalah guru yang pertama dan paling penting bagi anak.Anda mempunyai kesempatan paling besar untuk mempengaruhi kecerdasan pada saat ia sangat peka dengan pengaruh luar.Anda pula yang paling mengenal kapan dan cara bagaimana ia belajar dengan sebaik-baiknya.Berikut  hal-hal yang mungkin bisa jadi pertimbangan dalam memberi pengajaran pada anak:
·         Semua anak memiliki kecenderungan  apa yang ingin dipelajari.jika orang tua mengetahui hal ini maka ia akan bisa mendorongnya kearah yang benar.
·         Semua anak melewati tahap yang sama pada umur yang hampir sama,dalam hal ini perlu ada pengawasan hati-hati dan cari tahu untuk menemukan kegiatan apa  yang paling cocok ,jangan paksakan pada kegiatan yang tidak menarik dan tidak membuat hatinya senang.
·         Semakin muda anak,dia akan cenderung menggunakan gerakan untuk demikian orang tua harus berhati-hati bila ingin memberi pelajaran,karena informasi apapun yang diterima akan disimpan tanpa dicerna terlebih dahulu,apakah itu baik atau buruk dan informasi yang tersimpan ini suatu waktu akan muncul seiring dengan perkembangan kecerdasannya.
Dr Eddy memberikan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak:
·         Beri perawatan dan kasih sayang yang adekuat selama masa kehamilan.
·         Beri nutrisi yang cukup. Enam bulan pertama kehidupan bayi, berikan             kecukupan nutrisi dengan ASI.
·         Berikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.
·         Berbicaralah kepada bayi,buat kontak mata saat berbicara dengan anak. Jangan lupa selalu tersenyum kepada anak.
·         Bila harus menitipkan anak, carilah tempat penitipan yang bermutu tinggi.
·         Kenalkan aneka ragam musik pada anak, dan bernyanyilah bersama.
·         Beri interaksi yang nyata dengan anak demi perkembangan otaknya. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Batasi waktunya.
·         Beri ruang bagi anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya.
·         Redakan stres pada orangtua. Orangtua yang mengalami stres cenderung      mengalihkan stres kepada anaknya. Bila Anda merasa stres, cobalah bercerita kepada orang yang dekat dengan Anda.
·         Ingat, otak tidak akan pernah berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara terus-menerus.iterima akan disimpan tanpa dicerna terlebih dahulu,apakah itu baik atau buruk dan informasi yang tersiman ini suatu waktu akan muncul seiring dengan perkembangan kecerdasannya.
                 Perkembangan otak anak adalah hal yang terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Karena dengan pemberian simulus yang baik kepada anak maka dapat mengasah kemampuan otak si anak.Dan benar sekali dengan beberapa kiat yang di jabarkan seperti linkungan, musik, dll hal tersebut dapat memberikan kemajuan perkembangan otak si anak. Kita harus dapat menjaga dan mengarahkan dengan benar anak-anak usia balita, karena masa-masa perkembangan itu sangat riskan. Pengarahan yang baik akan mencerdaskan otak bayi itu sendiri. kecerdasan anak sudah mulai dapat di pupuk sejak dalam kandungan seorang ibu. Karena nutrisi yang di dapatkan tersebut akan sangat berpengaruh kepada perkembangan otak si anak. Perkembangan otak si anak berkembang sampai anak berusia 3 tahun;dalam mengembangkan otak anak dipengaruhi dengan adanya lingkungan yang aman dan dari orang tua itu sendiri. karena perkembangan seorang anak terutama lebih di dominasi oleh keluarga dan lingkungan, yang akan memberi dampak pada perkembangan anak itu sendiri.
       Jadi di sini orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak berkembang dengan sehat; kecerdasan anak sudah dapat dipupuk sejak dini, terutama pada masa kehamilan seorang ibu.
       Semua orang tua menginginkan buah hati mereka tumbuh sehat dan cerdas. kiat-kiat di atas sangat bermanfaat sekali bagi orang tua dalam mengembangkan otak anak.Dari masih dalam kandungan pun orang tua sudah menstimulasi anak dengan musik, menyanyikan senandung Al-Quran, dll. perkembangan anak, dari lahir, bayi, balita, hingga dewasa nanti, semua ditentukan oleh bagaimana orang tua mendidik anaknya dari kecil. nutrisi yang baik, perhatian dan kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan untuk kemajuan otak amupun psikis anak.
Ragam Kecerdasan
        Salah jika menganggap anak bodoh dan tak mampu.Ia pasti memiliki kelebihan dalam bidang tertentu yang belum diketahui orang tua.
Adapun kecerdasan memiliki banyak ragam,diantaranya:
·         Kecakapan Verbal
Yaitu pandai mengomunikasikan segala sesuatu,sementara mereka yang mampu membina kecakapan verbalnya akan mudah berkomunikasi dalam beragam bahasa,mudah menyampaikan gagasan-gagasannya dengan bahasa yang bisa dimengerti  oleh banyak orang,dan memiliki kemampuan besar untuk serius dalam bidang sastra.Seorang professor sekalipun jika tidak memiliki kecakapan ini akan mengalami kesulitan untuk mentransfer ilmunya pada orang lain.

·         Matematika Logika
Kecerdasan ini berada dalam wilayah lagika rasional ,kecerdasan ini tidak hanya berlaku dalam bidang perhitungan dan ilmu pasti saja,tetapi juga dalam seluruh sisi kehidipan manusia.
dalam sastra,budaya,dan sosial sekalipun,kecerdasan logika itu tetap dibutuhkan yang lebih banyak menyangkut logika hukum sebab dan akibatnya.Itu sebabnya anak-anak harus selalu diajarkan perihal sebab akibat ini,dalam mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka.

·         Pemahaman Ruang
Kecerdasan ini sangat berarti bagi para arsitek dan seniman.Anak yang memiliki kelebihan kecerdasan ini  baik jika diarahkan untuk spesifikasi bidang seni.Pemahaman akan warna,komposisi ruang dan keseimbangan bentuktermasuk keahlian di bidang ini.
·         Kinestetik
Yaitu memiliki kejeniusan dalam bidang kinestetik yakni memiliki bakat dalam bidang olah tubuh dan keseimbangan,maka dengan mengembangkan kecerdasan kinestetiknya akan sangat membantu pengembangan bakatnya selanjutnya.Termasuk anak yang tak bisa diam ketika belajar atau yang memiliki energi berlebih sehingga cenderung suka mengganggu teman ,lain bagaimana jika disalurkan bakat kinestetiknya ke bidang-bidang olah raga sehingga lebih terbina di tempat yang tepat,selain olah raga motorik kasar,motorik halus pun termasuk kecerdasan ini,keterampilan tangan &keahlian gerakan dalam menari misalnya.
·         Musik
Irama dan musik adalah kebutuhan fitrah manusia,sehingga seprimitif apapun manusia,mereka harus mengembangkan kecerdasan musik ini,sedangkan tajwid bacaan Al-Qur’an pun mengandung irama dan nada yang indah.
·         Kecakapan Antar Pribadi
Kecakapan ini sangat bmembantu seseorang untuk berkomunikasi & menjalin hubungan serta kepercayan dengan orang lain.
Karena setiap orang memerlukan berhubungan dengan orang lain,maka kecerdasan ini memiliki peran sangat besar dalam menentukan kesuksesan seseorang
Mereka yang jenius di bidang in akan menjadi pemimpin yang disukai oleh bawahannya,ia bisa menjalin hubungan yang tepat baik kepada teman,sahabat,maupun musuh sekalipun.
Supaya anak memiliki kecerdasan antar pribadi yang baik mereka harus dibimbing untuk bisa menjalin sosialisasi berkawan yang sehat,ditumbuhkan empatinya terhadap perasaan teman lain,diajarkan bagaimana memanfaatkan emosi positifnya.
·         Kemampuan Interpersonal
Merupakan jenis kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan pengendalian diri seseorang.Dengan kecerdasan ini seorang dapat mengenali kekurangan & kelebihan diri dengan sangat baik ,kemudian mengembangkan diri dan melejitkan potensi diri tanpa  harus mengandalkan motifasi dari luar diri.
·         Natural Alam
Kecerdasan ini berkaitan dengan kepekaan terhadap segala macam benda-benda alam,kepekaan  menilai keindahan keharmonisan & nilai –nilai seni dari segala sesuatu yang bernuansa alam.
Kecerdasan ini bukan semata bisa dimiliki oleh mereka yang tinggal di daerah yang masih dekat dengan alam.Justru bagi mereka yang tinggal di perkotaan memerlukan lebih banyak kecerdasan alam ini supaya dapat memberikan sentuhan nuansa alam yang mampu mengimbangi ‘kekerasan’nuansa perkotaan.
     
          Kecerdasan adalah kemampuan untuk mengetahui hubungan antara beberapa benda, kemampuan untuk menciptakan atau memperbaharui, kemampuan untuk belajar, berfikir, memahami, menguasai, berkhayal, mengingat dan merasa, kemampuan untuk memecahkan masalah, mengerjakan tugas dengan berbagai tingkat kesulitan.
          Kecerdasan adalah bakat yang didapat dari keturunan, tapi lingkungan dan kondisi sekelilingnya juga memepengaruhi peningkatan presentasi kecerdasan seseorang melalaui pengalaman, pengetahuan yang didapat serta pembelajaran.
          Kecerdasan seseorang berkembang seiring dengan umur, tapi pada usia 20 tahun kecerdasan akan berhenti.
          Maka oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri kita dengan memperbanyak bekal pengetahuan seputar pendidikan anak untuk selanjutnya kita terapkan pada anak cucu kita kelak supaya mereka bias menyongsong masa depan mereka dengan cerah.Wallahu A’lam bis shawab
Demikian makalah singkat dan sederhana ini semoga bisa  memberi manfaat untuk kita semuanya.Amin Yaa Mujibus Sailin

Referensi:
-          Seni Mendidik Anak, syaikh Muhammad Said Mursi
-          Mendidik Anak Dengan Cinta, Irawati Istadi
-          Mendidik Anak Bersama Nabi, Muhammad Suwaid

1 komentar: